Delegasi ASEAN Sports Day Terkesan Atas Penyelenggaraan FORNAS VII 2023

Delegasi ASEAN Sports Day terkesan atas penyelenggaraan Festival Olahraga Masyarakat tingkat Nasional (FORNAS) VII 2023 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Mereka memperoleh kesan atas kemeriahan dan kemegahan acara pembukaan acara tersebut. (foto:raiky/kemenpora.go.id)

JURNALKATA.NET/ Bandung. – Delegasi ASEAN Sports Day terkesan atas penyelenggaraan Festival Olahraga Masyarakat tingkat Nasional (FORNAS) VII 2023 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Mereka memperoleh kesan atas kemeriahan dan kemegahan acara pembukaan acara tersebut. 

“Olahraga rakyat disini sangat bagus. Persembahannya sangat meriah. Kami juga sangat mendapatkan kesan selama kami disini,” kata Delegasi Malaysia, Muhammad Helmi Farid saat berbincang, Senin (3/7). 

Menurut Farid, masyarakat Indonesia terus mengamalkan budaya-budaya olahraga. Hal ini kata dia sangat bagus untuk terus menjaga kebudayaan nusantara. 

“Nah disini anak-anak muda itu sangat banyak yang pandai dan memainkan olahraga rakyat. Kegiatan olahraga rakyat seperti ini ada juga di Malaysia. Kalau di Malaysia itu ada congkak, gala panjang dan lain-lain,” jelasnya. 

Lebih lanjut, dia sepakat agar kegiatan festival olahraga masyarakat seperti FORNAS ini ada ditingkat ASEAN. Sebab ini sangat penting untuk menjaga hubungan baik yang selama ini terjalin antarnegara. 

“Kalo kami rasa setuju ya untuk ada di level ASEAN untuk kegiatan seperti FORNAS. Tentu harus ada pendetailan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Bila ada pasti sangat membantu membangkitkan ekonomi rakyat,” terangnya. 

Hal yang sama juga disampaikan delegasi Myanmar, Moh Moh Hein Ko Ko. Dia bilang penyelenggaraan FORNAS yang terselenggara sangat baik dan meriah. 

“Sangat-sangat menarik. Sangat bagus. Indonesia sangat bersahabat dan kami mendapatkan kesan yang baik. Kami senang dan bahagia. Olahraga-olahraga masyarakat disini sangat seru dan menarik,” pungkasnya. 

@Eko/Jurnalkata.Net/JK/07/2023.