Delegasi OIC-CA 2023 Disuguhi Beragam Kesenian Budaya di Kukar Festival Budaya Nusantara 2023

Delegasi peserta Organization Islamic Cooperation - Cultural Activity (OIC-CA) 2023 berkesempatan menyaksikan Kukar Festival Budaya Nusantara 2023 di Taman Kota Tenggarong, Minggu (9/7) malam. (foto:yayan/kemenpora.go.id)

JURNALKATA.NET/ Tenggarong. – Delegasi peserta Organization Islamic Cooperation – Cultural Activity (OIC-CA) 2023 berkesempatan menyaksikan Kukar Festival Budaya Nusantara 2023 di Taman Kota Tenggarong, Minggu (9/7) malam. 

Masyarakat terlihat sangat antusias menyaksikan acara pentas seni yang panggung utamanya menutup Jalan Robert W. Monginsidi ini. Delegasi OIC-CA 2023 berkesempatan menyaksikan pertunjukkan tarian dan musik dari seluruh provinsi peserta sebelum meninggalkan acara karena harus bergeser ke agenda selanjutnya.

Kukar Festival Budaya Nusantara 2023 ini bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan daerah dengan mengangkat tema ‘Nusantara Namaku, Jaya Negeriku’. 

Rangkaian Kukar Festival Budaya Nusantara ini sendiri akan berlangsung selama satu pekan ke depan dari tanggal 9-14 Juli 2023 dengan menampilkan seni budaya yang disuguhkan di tiga tempat berbeda yakni di panggung seni area parkir lapangan Stadion Rondong Demang, Lapangan Basket Timbau dan Amphitheater Taman Kota Raja, Tenggarong.

Kukar Festival telah berlangsung sebanyak 10 kali dan akan melibatkan sembilan paguyuban suku dari 20 kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain itu, acara ini juga akan diikuti oleh 8 Kabupaten/Kota di Kaltim, yaitu Kabupaten PPU, Kabupaten Kutim, Kota Bontang, Kabupaten Kubar, Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Paser, dan Kabupaten Berau.

Acara ini juga akan melibatkan partisipasi dari tujuh Provinsi di Indonesia, antara lain DKI Jakarta, Provinsi Kalimantan Utara, Maluku, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur (Labuan Bajo dan Flores) dan Provinsi Bali. 

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakanpemkab ingin mengoptimalkan budaya yang ada di Kukar maupun budaya nusantara ini agar bisa disatukan untuk hadir di Kukar dengan semangat dari Kukar untuk Indonesia.

”Khusus budaya Kutai harus kita beri ruang lebih besar. Jadi dari sisi itu yang dulu namanya TIFAF, sekarang diubah menjadi Kukar Festival Budaya Nusantara. Untuk menjaga konsistensinya, tahun depan akan dilaksanakan lagi,” tuturnya. 

@Eko/Jurnalkata.Net/JK/07/2023.