Diterima Menpora Dito, Panitia Formula E Tahun 2023 Jakarta Paparkan Persiapan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menerima audiensi Ketua Panitia Formula E 2023 Jakarta , Ananda Mikola yang hadir bersama Pimpinan Perlombaan Bagoes Hermanto, Dirut Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin di Ruang Rapat Lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (2/5) siang.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

JURNALKATA/Jakarta. – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menerima audiensi Ketua Panitia Formula E 2023 Jakarta , Ananda Mikola yang hadir bersama Pimpinan Perlombaan Bagoes Hermanto, Dirut Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin di Ruang Rapat Lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (2/5) siang.

Kepada Menpora Dito, Ananda Mikola menyampaikan, ingin melaporkan perkembangan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula E 2023 yang akan dilaksanakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

“Kejuaraan dunia Formula E seri 2023 ini akan dilaksanakan pada tanggal 3-4 Juni 2023. Indonesia juga mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah di dua seri (seri 10 dan seri 11), tahun lalu kita hanya satu seri saja,” kata Ananda.

Menurutnya, selain cukup baik pada penyelenggaraan Formula E tahun sebelumnya, FIA melihat Indonesia menjadi penyelenggara terbaik dari seluruh seri yang pernah terlaksana dari tahun 2015.

“Untuk tahun ini harapannya kita bisa mengulang kesuksesan seperti tahun lalu. Dari segi penonton dan jalannya even. Tahun lalu ada 400 anak bangsa yang bekerja sebagai RC (Racing Communitty), itu sebagai jantungnya even. Tugas mereka itu berjalan mengawasi jalannya lomba sebagai marshal dan lain-lain,” urainya.

“Harapannya agar pemerintah bisa terus mendukung even ini, ini adalah muka Indonesia di mata dunia, ini adalah kejuaraan dunia setara dengan Formula 1. Kedepan olahraga otomotif ini menggunakan go green atau electrik dan ini juga sebagai campaign dari negara-negara G-20. Kita mengundang Pak Menteri hadir mengecek kesiapannya,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, FIA Formula E telah merilis kalender balap musim kesembilan tahun 2023. Dimana dalam kalender tersebut Formula E 2023 di Jakarta bakal digelar selama dua hari, yaitu pada 3-4 Juni 2023 mendatang. Pelaksanaanya usai gelaran di Monaco di tangal 6 Mei.

Mendengar beberapa perkembangan yang disampaikan, Menpora Dito berharap kejuaraan Formula E itu dapat berjalan dengan lancar. Kemenpora menurutnya, juga akan turut berkolaborasi.

“Terima kasih atas kehadirannya, tim Panitia Formula E Mas Ananda Mikola dan rekan-rekan,” kata Menpora Dito didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Surono, para Staf Khusus dan Kawan Muda dari kalangan artis, Marshel, Komika Dustin dan Pendeta Yerry. 

Menpora Dito kemudian menanyakan tentang kesiapan keseluruhan acara mulai dari tiket, side event, volunteer dan sebagainya. “Siap, terima kasih nanti kita support insha Allah, dan nanti akan kita coba kolaborasikan,” pungkas Menpora Dito.

@Eko/Jurnalkata/JK/05/2023.