Kalahkan Timor Leste, Timnas Indonesia Melangkah ke Semifinal SEA Games 2023 Kamboja

Timnas Indonesia menang telak 3-0 atas Timor Leste pada lanjutan Grup A SEA Games 2023 Kamboja. Kemenangan ini membuat skuat Garuda melangkah ke semifinal. (foto:egan/kemenpora.go.id)

JURNALKATA/ Phnom Penh. – Timnas Indonesia menang telak 3-0 atas Timor Leste pada lanjutan Grup A SEA Games 2023 Kamboja. Kemenangan ini membuat skuat Garuda melangkah ke semifinal. 

Pertandingan Indonesia vs Timor Leste digelar di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu (7/5). Hasil tersebut membuat Indonesia kokoh dipuncak klasemen dengan 9 poin dalam tiga laga yang sudah dijalani. 

Indonesia mencoba mengambil inisiatif serangan diawal babak pertama. Witan Sulaeman mendapatkan peluang dimenit keempat. Penyerang Persija Jakarta itu melepaskan tembakan, namun berhasil diblok lawan. 

Witan kembali mendapatkan ruang tembak dimenit ke-7. Bola hasil dari sepakannya berhasil diamankan kiper Georgino Da Silva. Kemudian, 12 menit berselang kemelut terjadi di kotak penalti Timor Leste hasil dari lemparan ke dalam Pratama Arhan. 

Timor Leste mencoba untuk keluar dari tekanan. Dimenit ke-40, mereka melakukan sejumlah percobaan. Namun usahanya belum membuahkan hasil.

Gol yang ditunggu Indonesia akhir tercipta dipengujung babak pertama. Sananta melepaskan sundulan setelah mendapat umpan silang dari Fajar. Indonesia unggul 1-0.

Indonesia tetap mendominasi usai kembali dari kamar ganti. Tapi sesekali Timor Leste mampu merepotkan barisan pertahanan yang dikawal Rizky Ridho. 

Alih-alih menyerang, Timor Leste justru kebobolan. Indonesia menambah gol dimenit ke-62. Fajar mencatatkan namanya dipapan skor lewat sepakan kerasnya. 

Timor Leste mencoba merespons. Mereka nyaris bikin gol setelah membangun serangan pada menit ke-69. Kendari demikian, Indonesia tetap tak mengendurkan serangannya. 

Indonesia mencetak gol ketiganya melalui Fajar dimenit ke-75. Dia melepaskan tembakan pertama yang membentur mistar, dia mendapatkan bola rebond dan berhasil dimanfaatkannya untuk merobek gawang Timor Leste. Skor 3-0 ini bertahan hingga laga bubar. 

@Eko/Jurnalkata/JK/05/2023.