Kemenpora Bersama Negara Anggota ASEAN Diskusi Bahas Peningkatan Partisipasi Masyarakat Berolahraga

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melakukan diskusi bersama negara anggota ASEAN di Hotel Holiday Inn, Bandung, Jawa Barat, Senin (3/7). Adapun pertemuan ini membahas perkembangan dan juga program keolahragaan.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

JURNALKATA.NET/ Bandung: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melakukan diskusi bersama negara anggota ASEAN di Hotel Holiday Inn, Bandung, Jawa Barat, Senin (3/7). Adapun pertemuan ini membahas perkembangan dan juga program keolahragaan.

Sektetaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Suyadi Pawiro mengatakan diskusi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ASEAN Sports Day 2023. Adapun negara yang hadir adalah Malaysia, Laos, Kamboja, Myanmar, Thailand, Timor Leste dan tuan rumah Indonesia.

“Agenda malam ini adalah secara umum bagian dari mencari inspirasi untuk mendapatkan pembelajaran dari beberapa negara dalam konteks bagaimana setiap negara menjalankan program keolahragaan, apakah sama atau beda,” kata Sesdep Suyadi. 

Sesdep Suyadi menerangkan, pertemuan ini juga sekaligus membahas bagaimana cara atau upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat guna terus berolahraga. Hal ini bertujuan agar masyarakat hidup sehat dan bugar. 

Disamping itu, Sesdep Suyadi mengutarakan bahwa Indonesia merupakan negara yang pertama dalam menggelar pertemuan ASEAN Sports Day. 

Oleh karenanya, Sesdep Suyadi menawarkan kepada negara lain untuk menjadi tuan rumah berikutnya. Sebab pertemuan ASEAN Sports Day ini dipandang perlu untuk sama-sama mencari solusi meningkatkan partisipasi masyarakat guna berolahraga. 

“ASEAN Sports Day ini kan setiap tahun ada. Indonesia pertama mengundang negara anggota ASEAN. Tadi sudah saya tawarkan apakah memungkinkan untuk negara lain menjadi tuan rumah berikutnya. Sehingga nantinya bisa bergantian,” pungkas Sesdep Suyadi.

@Eko/Jurnalkata.Net/JK/07/2023.