Kemenpora Rakor Bersama Gubernur Sumsel untuk Matangkan Persiapan POPNAS dan PEPARPENAS 2023

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) terus mematangkan persiapan menghadapi ajang POPNAS dan PEPARPENAS tahun 2023 yang akan dilakasanakan di Palembang, Sumatera Selatan. (foto:dok/deputi3)

JURNALKATA.NET/ Palembang. – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) terus mematangkan persiapan menghadapi ajang POPNAS dan PEPARPENAS tahun 2023 yang akan dilakasanakan di Palembang, Sumatera Selatan. 

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta yang juga Plt Deputi Peningkatan Prestasi bersama rombongan Kemenpora melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Jumat (10/3l malam. 

Pada rapat koordinasi tersebut juga menyepakati tanggal penyelenggaraan yakni untuk POPNAS pada bulan September 2023 dan PEPARPENAS bulan Juli 2023. Disamping juga menyapakati Maskot, Logo, dan juga Theme Song kedua Multy Event tersebut.

POPNAS sendiri yang digelar bulan September nanti akan mempertandingkan 22 cabor dimana didalamnya terdapat 14 cabor unggulan DBON seperti : Atletik, Senam, Taekwondo, Pencaksilat, Renang, Sepakbola, Menembak, Wushu, Karate, Bola basket, Panahan, dan beberapa cabor non unggulan DBON seperti Sepak Takraw, Tinju, Voli Pasir.

Raden Isnanta menyampaikan bahwa,
POPNAS sebagai ajang Multy event dua tahunan khusus bagi para pelajar Indonesia.” Mereka akan mengadu kebolehan dan unjuk dalam talenta olahraga. POPNAS sekaligus sebagai arena pembuktian skill dan performa terbaik level nasional,” ujar Isnanta.

Selain membahas POPNAS, rapat teraebut juga membahas terkait PEPARPENAS. “Dalam rapat koordinasi kesiapan tersebut dapat memberikan gambaran nyata tentang kesiapan tuan rumah dlm gelaran POPNAS XVI dan PEPARPENAS IX baik kesiapan Venue yang akan digunakan, kesiapan tim kesehatan, keamanan, transportasi, wisma /penginapan, opening-closing, media promosi, bidang pertandingan dan termasuk pula kesiapan anggaran baik APBN maupun APBD,” tambah Isnanta. 

Raden Isnanta juga menyampaikan Gubernur Sumsel Heman Deru merasa tersanjung dengan diberi kohormatan kesekian kalinya sebagai penyelenggara event nasional dibidang olahraga. “Ditengah sedang menyiapkan diri sebagai tempat pertandingan Sepakbola Piala Dunia U-20, Sumsel tetap optimis gelaran POPNAS dan PEPARPENAS 2023 akan berjalan lancar dan sukses. Masyarakat pasti menyambut dengan antusias dan mendukung atlet kesayangannya,” ujarnya. 

Rapat juga diikuti Asisten bidang pemerintahan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda – Olahraga, NPC Sumsel dan BAPOPSI Sumsel. 

@Eko/Jurnalkata.Net/JK/03/2023.