Menpora Dito Kukuhkan dan Lepas Delegasi Indonesia Ikuti Special Olympics World Summer Games 2023 Berlin

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo secara resmi mengukuhkan dan melepas delegasi Indonesia untuk mengikuti Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 Berlin, Jerman. Pengukuhan dan pelepasan delegasi ini berlangsung di Wisma Kemenpora, Jakarta, Sabtu (10/6).(foto:yayan/kemenpora.go.id)

JURNALKATA.NET/ Jakarta. – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo secara resmi mengukuhkan dan melepas delegasi Indonesia untuk mengikuti Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 Berlin, Jerman. Pengukuhan dan pelepasan delegasi ini berlangsung di Wisma Kemenpora, Jakarta, Sabtu (10/6).

“Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Pada hari ini, saya dengan resmi mengukuhkan dan melepas delegasi Indonesia pada Special Olympics World Summer Games 2023 Berlin. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menyertai perjuangan kita bersama,” kata Menpora Dito. 

Sebanyak 22 atlet ditambah 3 orang unfield partner akan mengikuti 7 cabang olahraga untuk meraih hasil yang maksimal. Adapun ajang SOWSG ini akan berlangsung pada 17 hingga 25 Juni 2023. 

“Atas nama pemerintah, saya ingin memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran pengurus Special Olympics Indonesia yang telah mengelola dari persiapan, pemusatan latihan nasional, sampai pengiriman delegasi ke Jerman,” kata Menpora Dito.

Menpora Dito bilang, pengiriman delegasi Indonesia ke ajang olahraga SOWSG ini merupakan komitmen pemerintah untuk mendorong seluruh potensi olahraga yang ada di Indonesia. Para atlet yang akan berkompetisi ini punya semangat tinggi untuk meraih prestasi. 

“Bulan lalu saya hadir di pemusatan latihan mereka di Semarang. Semangatnya luar biasa, daya juangnya sangat tinggi untuk meraih hasil maksimal. Ini adalah komitmen pemerintah untuk mendorong seluruh potensi olahraga di Tanah Air,” ujar Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito berharap para atlet tersebut bisa terus mengembangkan diri untuk meraih hal demi bangsa dan negara. 

“Semoga perjuangan mereka ini menjadi inspirasi bagi kita semua. Mereka (para atlet) akan membawa prestasi untuk Indonesia. Semoga mereka bisa mengembangkan diri dan membangun kepercayaan diri,” jelas Menpora Dito.

Sementara itu, Wakil Ketua Delegasi pada SOWSG, Harison Sirait menyampaikan seluruh atlet tersebut akan mengikuti 7 cabang olahraga. Ketujuhnya yakni atletik, boling, renang, tenis meja, bulu tangkis, senam artistik, senam ritmik. 

“Telah hadir para atlet di tempat ini dengan menunjukkan semangat yang sangat luar biasa. Seluruh atlet ini berasal dari 17 provinsi dan sudah siap membawa nama baik bangsa dan negara diajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 Berlin,” terangnya. 

“Para atlet ini sudah mengikuti pelatnas guna mengetahui kondisi fisik dan mempertahankan performa, supaya mereka siap untuk bertanding. Mohon doa dan dukungannya agar target sembilan emas bisa diraih,” pungkas Harison. 

@Eko/Jurnalkata.Net/JK/06/2023.