Menpora Dito Lepas Timnas Baseball Putri Indonesia ke Kejuaraan BFA Women’s Baseball Asian Cup 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, secara resmi melepas Tim Nasional Baseball Putri Indonesia untuk mengikuti Kejuaraan BFA Women's Baseball Asian Cup 2023 di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (12/5) pagi.(foto: raiky/kemenpora.go.id)

JURNALKATA/ Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, secara resmi melepas Tim Nasional Baseball Putri Indonesia untuk mengikuti Kejuaraan BFA Women’s Baseball Asian Cup 2023 di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (12/5) pagi.

“Dengan ini secara resmi saya melepas kontingen timnas putri Indonesia menuju ke Kejuaraan BFA Women’s Baseball Asian Cup 2023 di Hongkong. Selamat dan banggakan Merah-Putih,” kata Menpora Dito.

Kejuaraan BFA Women’s Baseball Asian Cup 2023 akan digelar di Hong Kong pada 21 Mei hingga 2 Juni 2023. Indonesia mengirimkan 18 atlet putri dari 7 provinsi, Bali, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara dan Papua.

“Kontingen Indonesia yang akan ke kejuaraan Asia ini adalah inspirasi. Terima kasih karena berkontribusi untuk tanah air semoga kalian semua menjadi juara. Terima kasih kepada semua pendukung mulai CdM, pelatih, Ketum, ofisial dan seluruh orang tua atlet,” tambah Menpora Dito.

Menurut Menpora Dito, keberangkatan atlet baseball putri ke Kejuaraan Asia ini adalah prestasi tersendiri. “Baseball ini identik dengan anak muda perkotaan dan masa kecil saya. Jadi ketika saya dengar ini akan berangkat ke Asia, saya pasti dukung. Semoga ini menjadi suntikan semangat bagi atlet baseball kita,” ujar Menpora Dito.

Menpora Dito melanjutkan, baseball Indonesia memiliki perkembangan bagus, tetapi belum berada di tiga besar olahraga Indonesia. Baseball diharapkan dapat lebih berkembang dengan bertambahnya lapangan yang sudah mulai banyak.

“Kemarin saya mendapat aspirasi lapangan baseball di Jawa Barat ada yang terbengkalai dan alhamdulillah kemarin saya sudah koordinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil dan beliau memastikan lapangan itu nantinya mendapatkan perhatian,” ucap Menpora Dito. 

“Saya harap pembinaan juga akan semakin pesat. Kemenpora akan selalu mendorong dan mendukung untuk semua cabor yang memiliki roadmap ke level internasional,” lanjutnya.

Kemenpora saat ini sedang dalam tahap finalisasi beasiswa pendidikan khusus sektor olahraga hingga ke kuliah di luar negeri. Menpora Dito harap para atlet fokus prestasi olahraga, faktor akademik pemerintah telah menyiapkan.

“Untuk jangka panjang sektor akademik ini adalah modal penting ketika nanti adik-adik semua pensiun dari olahraga,” pungkasnya. 

CdM Kontingen Indonesia Lise Gay Parapak menyampaikan, total atlet yang diberangkatkan sebanyak 18 atlet putri dari 7 provinsi Bali, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara dan Papua.

“Kami akan menghadapi 12 tim. Timnas kita akan mengikuti babak kualifikasi dan jika lolos akan masuk babak final. Di final ini 3 tim akan dipilih masuk ke Women’s Baseball World Cup tahun 2024. Mohon doa restu,” ucap CdM Lise Gay Parapak.

“Ini adalah tim baseball putri pertama yang secara resmi diberangkatkan, jadi kami terima kasih atas dukungan dan ini adalah kesempatan pertama diberangkatkan sebagai timnas,” lanjutnya.

Turut hadir mendampingi Menpora Dito, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono, Staf Khusus Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri olahraga Ardima Rama Putra dan Tenaga Ahli Bidang Komunikasi Publik Mikha Tambayong, nampak pula Ketua Umum PB PERBASASI Andika Monoarfa dan pelatih Very Kasyoga dan I Putu Eka Artika Sudatmaja Pande. 

@Son/Jurnalkata/JK/05/2023.