Sabet 4 Emas, Tim Tenis Indonesia Juara Umum di SEA Games 2023 Kamboja

Tim tenis Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja. Hasil ini didapat setelah Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan mendapatkan empat medali emas pada pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara ini. (foto:egan/kemenpora.go.id)

JURNALKATA/ Phnom Penh. – Tim tenis Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja. Hasil ini didapat setelah Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan mendapatkan empat medali emas pada pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara ini. 

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) Hasbullah Tahir mengapresiasi atas capaian dari seluruh atlet tim tenis Indonesia. 

“Pertama saya menyampaikan terima kasih kepada adik-adik (atlet) semua yang terlibat dalam persipn menuju SEA Games Kamboja ini, begitu juga dengan seluruh tim,” katanya saat ditemui di Tennis Arena Morodok Techo National, Phnom Penh, Minggu (14/5).

Hasbullah bilang PP Pelti memang sudah mempersiapkan tim sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan tim ke Kamboja. Bahkan kata dia, atlet-atlet yang bertanding dalam pesta olahraga edisi ke-32 ini diikutkan dalam sebuah turnamen.

“PP Pelti memang sudah siapkan turnamen menjelang SEA Games. Turnamen berbasis internasional. Hasilnnlua sekarang sama-sama kita tahu, para atlet tampil sangat luar bisa. Bahkan emas yang ditargetkan terlampaui, semulanya tiga emas dan sekarang bisa dapat empat emas,” jelasnya. 

Sementara itu, pelatih tim tenis putra, Wiriyawan Sugiarto juga mengungkapkan hal yang sama. Dia bangga atas pencapaian tim tenis yang mampu menjadi juara umum. 

“Sangat luar biasa. Emas keempat diraih oleh Rifqi sektor tunggal putra. Sebelum main saya sudah pesan ke dia agar dia stay strong karena cuaca disini sangat panas. Saya yakin dan dia ternyta mampu membuktikannya dapat emas,” jelas pria yang akrab disapa Bonik itu.

Empat pertama tenis dipersembahkan oleh tim beregu putri yaitu Priska Madeylin, Aldila Sutjiadi, Beatrice Gumulya, dan Jessy Rompies. Kemudian emas kedua didapat dari sektor ganda campuran Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi. 

Sedangkan emas ketiga diraih tunggal putri Priska Madelyn. Kemudian, emas keempat dibawa pulang oleh Muhammad Rifqi. Dia tampil disektor tunggal putta. 

Sementara perak diraih oleh ganda putri Aldila Sutjiadi/Jesse Rompies. Kemudian Christopher Rungkat/Nathan Anthony juga dapat perak di sektor ganda putra. 

Lalu untuk medali perunggu berhasil didapat oleh tim regu putra (Muhammad Rifqi, Christopher Rungkat, David Agung, Anthony Barki). Ganda campuran juga demikian membawa perunggu (David Agung/Beatrice Gumulya). Sektor ganda putri juga dapat perunggu (Beatrice Gumulya/Fitriana Sabrina). 

@Son/Jurnalkata/JK/05/2023.