Sudah 4 Emas, Menpora Dito Semakin Optimis Medali Emas Tim Indonesia di SEA Games 2023 Bisa Bertambah

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo merasa optimis tim Merah Putih dapat memenuhi target medali pada SEA Games 2023 Kamboja. Hal ini menyusul setelah Indonesia mampu meraih empat emas pada ajang olahraga tersebut. (foto:egan/kemenpora.go.id)

JURNALKATA/ Phnom Penh. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo merasa optimis tim Merah Putih dapat memenuhi target medali pada SEA Games 2023 Kamboja. Hal ini menyusul setelah Indonesia mampu meraih empat emas pada ajang olahraga tersebut. 

Adapun empat emas yang diraih tim Indonesia berasal dari Rashif Amila Yaqin (Aquathlon), Agus Prayogo (Atletik), Elvina Naibaho (Atletik), dan Bella Sukma (Cycling). 

“Alhamdulillah perolehan medali emas tim Indonesia bertambah. Sejauh ini sudah empat medali emas,” kata Menpora Dito di Phnom Penh, Sabtu (6/5). 

Menpora Dito menilai ini adalah langkah bagus bagi tim Indonesia pada hari pertama pasca-upacara pembukaan ajang pesta olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara.

“Ya ini adalah baru empat (medali emas) dari target yang ada. Kita harus betul-betul mengecek kesiapan atlet agar bertanding maksimal. Kita akan motivasi mereka untuk meraih target,” ujar Menpora Dito. 

Indonesia berpeluang menambah pundi-pundi medali lewat cabang olahraga renang dan karate. Sebab, dua cabang olahraga itu tengah bertanding. Begitu juga dengan cabang olahraga lainnya. 

“Jika melihat cabang olahraga lain ya optimis medali emas akan bertambah. Renang, karate dan lainnya sedang bertanding. Kita lihat itu adalah olahraga yang terukur. Mudah-mudahan emas terus bertambah,” jelas Menpora Dito.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginginkan kontingen Indonesia naik peringkat dari gelaran SEA Games sebelumnya. Saat SEA Games di Vietnam, Indonesia mendapatkan 69 medali emas dan menempati posisi tiga. 

@Eko/Jurnalkata/JK/05/2023.