Terima IYD, Menpora Dito Ingin Pemuda Indonesia Jalin Kerjasama Internasional dengan Diplomasi Elegan dan Kekinian

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menerima delegasi Indonesia Youth Diplomacy (IYD) dengan Ketuanya Michael Victor Sianipar, di Ruang Rapat Graha Pemuda Lantai 10 Senayan Jakarta, Jumat (28/4) pagi.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

JURNALKATA.NET/ Jakarta. – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menerima delegasi Indonesia Youth Diplomacy (IYD) dengan Ketuanya Michael Victor Sianipar, di Ruang Rapat Graha Pemuda Lantai 10 Senayan Jakarta, Jumat (28/4) pagi.

Dalam paparannya, IYD menyampaikan tentang ASEAN Youth Agenda 2023, dimana pemuda Indonesia mengambil inisiatif untuk menjalin kerjasama internasional melalui lobi-lobi diplomasi yang elegan bergaya kekinian. Disamping itu, khususnya di dalam negeri dari agenda ‘Suara Pemuda’ yang tiap tahun diselenggarakan akan ditingkatkan menjadi Kongres Pemuda guna menyongsong peringatan satu abad Sumpah Pemuda pada tahun 2028 mendatang.

Menyambut hal tersebut, Menpora Dito sangat mendukung, kini saatnya pemuda bersatu dengan cakrawala baru, merapatkan barisan di dalam negeri dan mengembangkan diplomasi di luar negeri.

“Keinginan IYD untuk setara dan didengar sangat kita dukung. Kemenpora dimana saat ini Menterinya muda, saatnya Kemenpora bisa menjadi rumahnya, atas ide Kongres Pemuda,” ucap Menpora Dito.

“Tidak perlu berkecil hati bahwa postur anggaran kecil, yang penting anggaran ada, tinggal tingkatkan kolaborasi dan koordinasi dengan kuncinya kemitraan,” tambahnya.

Dari sejak dulu ciri pemuda adalah kepiawaian dalam lobi dan diplomasi ala anak muda, kreatif dan progesif. Oleh karenanya diharapkan IYD mampu mengajak lebih banyak lagi organisasi pemuda semacam ini untuk bersama merajut tujuan bersama.

“IYD dibutuhkan untuk jejaring mengajak lebih banyak lagi organisasi pemuda. Kembangkan ide-ide kreatif dan progresif, buka cakrawala baru untuk diplomasi pemuda,” tegasnya.

Sementara dalam mengawali paparan, Ketua (Chair) IYD Michael Victor Sianipar menyampaikan bahwa kedudukan Menpora saat ini adalah representasi pemuda, maka sudah selayaknya didukung oleh IYD maupun organisasi pemuda lainnya.

“Terima kasih atas kepercayaan pemerintah kepada Mas Dito sebagai Menpora, ini sosok yang merepresentasikan pemuda Indonesia. Kesuksesan Menpora adalah kesuksesan seluruh anak muda Indonesia, maka harus didukung dengan berbagai program pemuda yang kreatif dan inovatif,” katanya.

“IYD selain agenda pemuda ASEAN 2023 sedang terus mempersiapkan peringatan 100 tahun Sumpah Pemuda pada tahun 2028 menjadi bagian kesadaran pemuda untuk kepelimpinan global, mohon kerjasamanya,” pinta Michael.

Turut mendampingi Menpora dalam audiensi, Stafsus Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono, dan Asdep Kemitraan Pemuda Khairil Adha. Dari IYD, Treasure Ravindra Airlangga, Co-Chair Rorian Pratyaksa, Co-Head of People Ali Sahab, Co-Head of Legal & Partnership Reizal Ilham Pratama, Co-Head Events Rana Baswedan, Delegate of ASEAN Youth Dialogue Raihan Zahirah, dan Delegate of Y20 Rusia 2013 Andhyta Firselly Utami.

@Ran/Jurnalkata/JK/04/2023.